Entri Populer

Minggu, 16 Januari 2011

Belajar dari Sang Maha Raja

الهي يا ملك العلمين يا صاحب العز الدا ئم ذلت لعظمتك رقاب الجبا برة وارتعدت اهيبتك ارواح الكروبيين تجل لنا بسر اسمك الملك وامدنا بلطائفه حتى نملك نفوسنا ونعدل فىجوارحنا ونتصرف بامرك فى كل الشؤن يا من امره اذا اراد شياقال كن فيكون و صلى الله على سيدنامحمدوعلى اله وصحبه وسلم
Wahai Tuhan Raja dan Penguasa seluruh alam. Wahai pemilik Kemuliaan yang langgeng, tunduk di bawah keagunganMu para penguasa yang lalim, gemetar jiwa malaikat yang dekat ke hadiratMu. Ya Allah nampakkan kepada kami rahasia namaMu ”al-Malik” serta curahkan kepada kami anugerah nama ini, sehingga jiwa kami dapat kami kuasai, agar kami dapat berlaku lurus menyangkut anggota tubuh kami dan bersikap sesuai dengan perintahMu dalam segala hal. Wahai allah Tuhan yang bila menghendaki sesuatu hanya berfirman ”jadilah”, maka jadilah ia.

Allah adalah Raja karena Dia tidak butuh kepada zat, dan sifatNya segala yang wujud, bahkan Dia adalah yang butuh kepadaNya segala sesuatu menyagkut segala sesuatu.

Imam Ghozali:
Raja/penguasa hakiki (bukan mutlak/ sempurna) dari jenis manusia adalah yang tidak memiliki kecuali Allah dan tidak membutuhkan sesuatu kecuali Allah, dan dalam saat yang sama dia menguasai kerajaan karena ”bala tentara dan rakyat”yang dimilikinya tunduk kepadanya. Kerajaannya adalah kalbu dan wadah kalbunya; bala tentaranya adalah syahwat, amarah dan nafsunya; rakyatnya adalah lidah, mata, tangan, dan seluruh anggota badannya. Bila semua itu dia kuasai dan bukan dia yang dikuasai mereka, jika semua itu mentaatinya dan bukan dia yang taat kepada mereka, maka ketika itu dia telah mencapai tingkat kerajaan di alamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar