Entri Populer

Kamis, 20 Januari 2011

Belajar dari Dzat Yang Menundukkan (Al Qohhar)

الهي قهرت العوالم كلها عاليها وسافلها قاصيها ودانيها. الهي امدني بقليل من دقائق اسمك القهار حتي تنقادلي نفسي وينهزم امامي الفجار وامنحني صولة علي نفسي لاصول بها علي ابليس وانجو من الشهوات. اللهم اجعلني ملاحظا لانوار اسمك القهار حتي لااغتر باي عظيم في الارض ولا قهار يا عظيم يا من يقهر كل عظيم وصلى الله على سيدنامحمد وعلى اله وصحبه وسلم

“ Tuhanku, Engaku telah menundukkan dan menjinakkan seluruh alam, yang tinggi maupun yang rendah, yang dekat maupun yang jauh. Anugerahilah aku sekelumit dari rahasia nama-Mu al-Qahhar, agar nafsuku tunduk dan kukendalikan, dan agar bertekuk di hadapanku seluruh penjahat. Ilahi, anygerahkanlah kepadaku kemampuan menguasai diriku, agar aku mampu menghadapi iblis dan selamat dari rayuan nafsu syahwat. Ya Allah, jadikanlah aku selalu memandang gemerlapan cahaya nama-Mu al Qahhar, sehingga aku tidak teperdaya dengan semua yang agung dan perkasa di bumi ini.”

Allah al-Qahhar, adalah Dia yang menjinakkan mereka yang menentang-Nya dengan jalan memaparkan bukti-bukti keEsaanNya, dan menundukkan para pembangkang dengan kekuasaan-Nya, serta mengalahkan makhluk seluruhnya dengan mencabut nyawanya.


Yang meneladani sifat Allah ini hendaknya terlebih dahulu menyadari tujuan penciptaannya sebagai manusia:

”Sesungguhnya Aku akan menjadikan khalifah di bumi” (2:20),

”Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar seluruh kegiatannya berkesudahan menjadi ibadah kepadaKu”(51:56).

Untuk maksud tersebut manusia harus dapat menyiasati dirinya serta menundukkan, menjinakkan, dan menguasai segala sesuatu yang dapat menghalangi tujuan penciptaan itu (hawa nafsu,setan).

Imam Al Ghozali:
” hawa nafsu lebih berbahaya bagi manusia dari pada setan, sehingga jika manusia mampu menndukkan hawa nafsunya, maka dia akan mampu menundukkan setan, karena setan menggunakan hawa nafsu manusia untuk menjerumuskannya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar